-->

Folder Tersembunyi di Android, Ini Caranya

Post a Comment
Folder Tersembunyi di Android, Ini Caranya

Teknologi telepon seluler atau ponsel memberikan kita banyak kemudahan dalam melakukan penyimpanan berkas dalam bentuk folder dan dapat diakses dengan mudah.

Kapan dan di mana saja dapat dilakukan. Berkas yang ada tentu memiliki tingkat kepentingan yang berbeda,ada yang dapat diakses publik ada juga yang tidak perlu diakses publik. Nah, berkas yang bersifat private penting untuk disimpan secara aman. Sehingga perlu dibuat folder tersembunyi di Android ponsel kita.

Folder tersembunyi biasanya digunakan oleh banyak pemakai ponsel untuk menyimpan berkas yang bersifat pribadi, penting maupun rahasia.

Sama dengan PC atau laptop, Android menyediakan fitur untuk mendukung penyimpanan berkas pada folder yang bisa disembunyikan.

Bagi kita yang belum tahu bagaimana cara membuat folder tersembunyi di Android, simak ulasan berikut ini. 

Cara Membuat Folder Tersembunyi di Android 

Untuk menyimpan berkas atau dokumen, kamu tentu sudah paham sebelumnya. Membuat folder yang diberi nama sesuai dengan isi berkas, kemudian menyimpan berkas dalam folder tersebut.

Ponsel Android memudahkan pengguna dalam melakukan pengelolaan berkas dalam folder di Android.

Nah, untuk membuat folder tersembunyi di Android juga memiliki proses yang hampir sama, kita bisa lihat perbedaannya pada langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi pengelola file atau biasa tampil dengan nama file manager di ponsel kita. 
  2. Kemudian kita cari pilihan untuk membuat folder baru (create new folder). 
  3. Beri nama pada folder yang telah kita buat, bisa dipilih dengan nama yang sesuai dengan berkas atau nama yang kita rahasiakan. 
  4. Kemudian pindahkan berkas yang ingin kita simpan pada folder baru tersebut. 
  5. Tambahkan titik (.) di awal pemberian nama pada folder tersebut. Folder pun menjadi tersembunyi. Inilah tahapan yang menjadi pembeda dengan pembuatan folder tidak tersembunyi. 

Mudah bukan, kita bisa langsung mempraktekkannya pada ponsel Android. Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah, bagaimana cara mencari dan mengakses folder yang telah disembunyikan tadi?

Tenang saja, ini juga sangat mudah untuk kita lakukan. Cukup hanya dengan masuk ke dalam file manager seperti saat kita membuat folder tersembunyi di Android sebelumnya. Berikut adalah tahapan selengkapnya :

  1. Buka aplikasi pengelola file atau file manager di ponsel kita.
  2. Buka menu pengaturan atau settings.
  3. Cari pilihan tampilkan folder tersembunyi atau shows hidden folder, dan folder yang semula kita sembunyikan akan muncul. 

Perlu diingat oleh kita adalah jalur atau path ketika folder tersebut dibuat. Sehingga kita dapat menemukan folder tersebut sama dengan folder lain, hanya saja tampilannya agak transparan.

Sesederhana ini tetapi dapat membuat kita merasa tenang karena berkas yang bersifat penting, pribadi maupun rahasia dapat tersimpan pada tempat yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.

Folder Tersembunyi di Android

Mengapa dibutuhkan penyimpanan berkas pada folder tersembunyi? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tidak semua berkas berisi informasi yang bersifat publik atau dapat diketahui oleh orang lain.

Ada juga berkas yang memiliki sifat privat, dengan akses terbatas. Bukanlah hal yang tidak mungkin jika ada orang yang dengan sengaja mengakses ponsel Android kita tanpa sepengetahuan dan ingin berniat mencuri berkas tersebut. 

Berbagai dampak dapat terjadi akibat hal tersebut. Untuk menghindari hal demikian maka dibuatlah folder tersembunyi supaya tidak ada yang dapat mengakses berkas kita tanpa sepengetahuan dan dapat merugikan.

Kerugian yang diakibatkan dapat berupa material bahkan yang terparah bisa pada beban psikologi. Oleh karena itu jagalah berkas kita dengan hati-hati. Selamat mencoba folder tersembunyi di Android, sukses untuk Anda.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter